Banjir Orderan, Produk Karya Napi Rutan Sungaipenuh Makin Disukai Masyarakat

Penulis : Redaksi
Jumat, 22 Januari 2021 - 10:25 WIB

Penulis : Redaksi

FOTO: Kepala Rutan Kelas IIB Sungaipenuh, Eli Susanto ikut mengecat produk seni karya kayu saat memantau proses pembuatan oleh napi Rutan Kelas IIB Sungaipenuh.

KORIDORNEWS.ID, SUNGAIPENUH – Program pembinaan dan pelatihan narapidana melalui Bimbingan Kerja (Bimker) Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sungaipenuh terus berkembang. Berbagai macam produk seni karya narapidana pun telah dihasilkan.

Bahkan saat ini hasil karya napi Rutan Sungaipenuh ini makin disukai oleh masyarakat. Hal ini terbukti dengan makin banyaknya orderan yang masuk ke Bimker Rutan Kelas IIB Sungai Penuh.

Setidaknya saat ini terdapat orderan dari masyarakat berupa pembuatan dan rombak kursi sofa minimalis sebanyak 6 set. Selain pembuatan kursi sofa, seni karya besi berupa rak-rak bunga, pot bunga, terali besi dan sebagainya juga makin ramai diorder masyarakat.

Tak hanya itu, saat ini napi Rutan Sungai Penuh yang bergabung di Bimker Rutan Sungai Penuh juga tengah mengerjakan orderan ratusan bahkan ribuan batako.

Kepala Rutan Kelas IIB Sungaipenuh, Eli Susanto, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci yang telah mengapresiasi karya-karya narapidana Rutan Kelas IIB Sungaipenuh.

Ia mengaku akan terus meningkatkan program pembinaan dan pelatihan terhadap narapidana melalui Bimbingan Kerja (Bimker) Rutan Kelas IIB Sungaipenuh. Sehingga setelah bebas dan kembali ke masyarakat nantinya, narapidana bisa diterima dan bersaing di tengah masyarakat.

“Kita terus melakukan pembinaan dan pelatihan. Setiap narapidana yang punya skil dan keahlian akan kita latih dan kita asah kemampuannya melalui program pembinaan di Bimker Rutan Kelas IIB Sungai Penuh,” ujarnya.

“Sekarang bimker Rutan Sungai Penuh juga sedang membuat kursi sofa minimalis sebanyak 6 set, orderan dari Kodim Kerinci. Kita mengucapkan terimak kasih kepada Kodim Kerinci atas apresiasinya terhadap karya napi Rutan Sungaipenuh,” jelasnya.

Hal sama dikatakan oleh Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Sungaipenuh, Okky Aprianto. Dia membenarkan jika saat ini Bimker Rutan Sungai Penuh kebanjiran order dari masyarakat Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci.

“Alhamdulillah Bimker Rutan Kelas IIB Sungaipenuh makin dipercaya masyarakat. Saat ini ada banyak produk yang dihasilkan oleh napi Rutan Sungaipenuh terus diorder oleh masyarakat. Diantaranya pembuatan kursi sofa minimalis sekitar 6 set orderan dari Kodim Kerinci, seni karya besi berupa rak-rak bunga, pot bunga, terali besi dan sebagainya,” ujar Kasubsi Peltah.

“Kita akan terus melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap narapidana untuk mengasah kemampuan sesuai dengan skil dan bakat-bakat masing-masing,” timpal Pembina Pengelola Bimbingan Kerja Rutan Kelas IIB Sungaipenuh, Antori Setiawan.

“Bagi masyarakat yang berminat dan ingin mengorder produk-produk napi Rutan Sungaipenuh, bisa menghubungi kami langsung ke rutan atau melalui Fb dan Instagram Rutan Kelas IIB Sungai Penuh,” pungkasnya.

Untuk diketahui, baru-baru ini, Rutan Kelas IIB Sungaipenuh juga telah membuat terobosan baru dengan membentuk Forum Komunikasi Pemasyarakatan (Forkopas). Forkopas ini dibentuk guna meningkatkan pelayanan dan kepercayaan masyarakat terhadap Rutan Kelas IIB Sungaipenuh. Melalui Forkopas, masyarakat bisa berdiskusi, memberikan saran serta dapat mengetahui dan memahami tentang pemasyarakatan, terutama di Rutan Kelas IIB Sungaipenuh. (iam)

Berita Terkait

Didampingi Tokoh & Kader PDIP, Fikar – Yos Disambut Gembira dan Didoakan Warga Koto Padang Jadi Walikota dan Wakil Walikota
Berikan Layannan Maksimal Pemprov Jambi Kerjasama Dengan Bank Syariah Indonesia (BSI)
HUT ke 66,Al Haris : Capaian Pembangunan Provinsi Jambi Terus Meningkat
Jumat Berkah, Beryll Dara Santuni Warga Miskin dan Lansia

Berita Terkait

Minggu, 3 Juli 2022 - 22:49 WIB

Bupati Adirozal Membuka MTQ Ke – 51 Tingkat Kabupaten Kerinci

Senin, 21 Juni 2021 - 09:54 WIB

Satu Pekerja Jembatan Merangin Tenggelam

Selasa, 8 Maret 2022 - 12:02 WIB

Tergerus Air Sungai,Rumdis Bupati Merangin Nyaris Longsor

Sabtu, 26 Juni 2021 - 06:36 WIB

Bupati H Al Haris Pantau Warga Isolasi Mandiri

Berita Terbaru

Advetorial

Pj Bupati Asraf Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024

Kamis, 2 Mei 2024 - 12:44 WIB

Advetorial

Pj Bupati Asraf Halal Bi Halal dengan Forum Kades

Minggu, 28 Apr 2024 - 20:53 WIB