Diduga Loloskan Kader Parpol, Hasil Seleksi Panwascam di Kota Sungaipenuh Tuai Sorotan

Penulis : Redaksi
Jumat, 28 Oktober 2022 - 15:15 WIB

Penulis : Redaksi

KORIDORNEWS.ID, SUNGAIPENUH – Hasil seleksi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kota Sungaipenuh, yang telah dilantik pada Kamis (27/10/2022) kemarin menuai sorotan.

Pasalnya, dalam daftar nama Panwascam yang dinyatakan lolos tersebut terdapat beberapa nama yang dianggap tidak layak diloloskan, karena terdaftar sebagai pengurus partai politik dan tidak memiliki integritas yang tinggi.

Salah satunya nama Ari Afneri yang dinyatakan lolos sebagai Panwascam Tanah Kampung. Berdasarkan data yang diterima media ini, nama Ari Afneri diketahui merupakan pengurus DPD ll Partai Golkar Kota Sungaipenuh tahun 2022 dengan jabatan Wakil Sekretaris. Nama itu tercantum sebagai pengurus juga dibuktikan dengan SK DPD l Partai Golkar Provinsi Jambi nomor: KEP-042/DPDG-l/2022 tanggal 11 Januari 2022.

“Nama (Anggota Panwascam) itu sama dengan nama Wakil Sekretaris Bidang Pemuda dan Olahraga partai Golkar Kota Sungaipenuh,” ungkap sumber yang menolak namanya disebutkan, Jumat (28/10/2022).

Selain nama Ari Afneri, sumber juga mengatakan, anggota Panwascam Kumun Debai atas nama Iin Rudhiansyah juga dinilai tidak layak diloloskan karena tidak memiliki integritas yang tinggi. Yang bersangkutan, kata sumber, sebelumnya pernah mengundurkan diri dari Panwascam beberapa tahun silam.

“Masa komisioner Bawaslu Kota Sungaipenuh tidak mengetahui jika yang bersangkutan pernah mengundurkan diri dari penyelenggara pemilu. Jangan-jangan ada tekana dari ormas tertentu sehinggga komisoner tak berkutik,” ujarnya.

Sementara itu, Isa, mantan Ketua DPD II Partai Golkar Kota Sungaipenuh, dikonfirmasi media ini terkait nama Ari Afneri di SK kepengurusan saat dirinya memimpin Golkar Sungaipenuh, mengaku tidak mengetahui secara pasti.

“Saya tidak hapal nama-nama semua pengurus kecuali pengurus inti. Mungkin benar ada nama Ari sebagai wakil sekretaris,” jawabnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan di Kota Sungaipenuh, Nadia Vila mengaku bahwa nama Ari Afneri tidak terdaftar di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Tidak boleh pengurus parpol menjadi panwascam. Atas nama Ari tidak terdaftar di sipol,” jawabnya via WhatsApp.

Namun Nadia Vila enggan berkomentar banyak saat media ini mengirimkan bukti SK DPD II Partai Golkar Kota Sungaipenuh. “Cek di sipol bae yo,” tutupnya.

Terkait adanya nama Panwascam yang dinilai tidak punya intgeritas karena sebelumnya pernah mengundurkan diri, Nadia Villa mengaku hal tersebut diperbolehkan.

“Masih boleh ya, kecuali dipecat,” ujarnya singkat. (red)

Berita Terkait

Mantap… Fikar-Yos Jamin Insentif Guru Ngaji, Gharim Masjid dan Pegawai Syara’ Akan Ditingkatkan
Wako AJB Tutup Bimtek BPD Se Kota Sungai Penuh
Sekda Sudirman Buka Seleksi Paskubaraka Provinsi dan Nasional
Maksimalkan Pelayanan untuk Masyarakat, Fikar-Yos Akan Bangun Mall Pelayanan Publik dan Commad Centre

Berita Terkait

Senin, 16 November 2020 - 03:40 WIB

Ahmadi-Antos Gelar Deklarasi Relawan di Kampus STKIP Muhammadiyah, Bawaslu dan KPU Diminta Bertindak

Kamis, 30 Maret 2023 - 21:34 WIB

Gubernur Al Haris Safari Ramadan di Desa Terpencil Seko Besar Sarolangun

Kamis, 8 September 2022 - 08:43 WIB

Al Haris : Pemprov Memberikan Kemudahan Berinvestasi di Jambi

Jumat, 19 November 2021 - 12:57 WIB

Selamat… Alpian Kembali Dilantik Sebagai Penjabat Sekda Kota Sungaipenuh

Berita Terbaru

Politik

Daftar di PKS,Sinyal Duet Fikar- Ferry Menguat

Rabu, 17 Apr 2024 - 23:06 WIB

Daerah

DPRD Sungaipenuh Gelar Jumpa Pers dan MoU

Sabtu, 6 Apr 2024 - 16:47 WIB