Kerinci dan Sungaipenuh Dikepung Banjir, Warga Minta Pemerintah Bertindak

Penulis : Redaksi
Rabu, 9 November 2022 - 19:03 WIB

Penulis : Redaksi

KORIDORNEWS.ID, KERINCI– Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh selama dua hari terakhir ini menyebabkan banjir di sejumlah wilayah. Ratusan rumah dilaporkan tergenang air.

Berdasarkan data yang diperoleh media ini Rabu (9/11/2022), puluhan bahkan ratusan rumah warga di Kecamatan Koto Baru, yakni Desa Dujung Sakti, Permai Indah, dan Koto Limau Manis terendam banjir.

Banjir yang melanda wilayah Koto Baru ini disebabkan air sungai yang meluap. “Tanggul jebol, sehingga air bandar dari Sungailiuk meluap ke pemukiman warga,” ujar warga setempat.

Selain di Koto Baru, banjir juga terjadi di Desa Koto Lolo, Kecamatan Pesisir Bukit, Kota Sungaipenuh. Puluhan rumah warga dan mesjid terendam banjir.

“Kami minta pemerintah untuk segera mengambil tindakan, mengingat curah hujan cukup tinggi setiap harinya, bisa jadi banjir akan lebih besar lagi,” ujar warga.

Sementara itu, di Kabupaten Kerinci, banjir terdeteksi terjadi di Desa Koto Tuo Ujung Pasir, Kecamatan Tanah Cogok. Sejumlah rumah dikabarkan terendam banjir.

Selain pemukiman warga, sekian hektar area persawahan warga Desa Koto Tuo Ujung Pasir juga terendam.

Menurut warga, banjir di Koto Tuo ini disebabkan oleh saluran irigasi persawahan yang dibangun lebih tinggi dari permukaan sawah, ditambah adanya sampah kiriman dari desa tetangga membuat saluran air tidak mengalir dengan baik.

Rawina (40), salah satu korban yang rumahnya terendam banjir mengatakan, setiap musim penghujan datang rumahnya selalu terendam banjir. Namun, sampai saat ini tidak ada tindakan konkret dari pemerintah dan pihak terkait.
“Bertahun-tahun rumah kami dalam kondisi banjir seperti ini setiap hujan. Tidak ada tindakan yang dilakukan oleh pihak terkait,” ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Iftikar (43). Menurutnya, sejak dibangunnya irigasi sawah dan jalan usaha yani yang tidak tepat, air menjadi sulit surut. “Kondisi ini terjadi sudah bertahun-tahun. Selama ini banyak yang turun hanya melakukan pengecekan dan foto-foto lokasi, tapi tetap tidak ada perbaikan,” ujarnya.

“Dari irigasi persawahan, sampah kiriman menumpuk sampai ke rumah kami. Ditambah saluran air tidak lancar. Masyarakat sangat keberatan,” timoak Mat Yani.

Warga setempat mengatakan, semestinya hal ini menjadi perhatian besar bagi pemerintah pihak terkait.

“Bukan hanya soal rumah yang terdampak banjir, atau jalan umum yang tidak bisa diakses lagi, juga irigasi sawah yang tidak bagus. Ironinya lagi, ada puluhan ton padi yang hilang per tiga bulannya akibat kondisi sawah yang tidak bisa digarap karena banjir,” tukasnya. (nun)

Berita Terkait

Gubernur Al Haris Ajak FKDM Rangkul Semua Elemen Masyarakat Ciptakan Keamanan
Penuh Semangat, Emak-Emak di Kelurahan Sungaipenuh Senam 2 Jari Bersama Fikar-Yos
Bersama Beryll Dara, Srikandi Air Sempit Rawang Nyatakan Solid Menangkan Fikar-Yos
Tukang Gerobak Angso Duo Tewas Kena Sajam

Berita Terkait

Jumat, 10 Juni 2022 - 11:29 WIB

Wako Ahmadi Diamanahkan Sebagai Ketua Umum FASI Provinsi Jambi

Sabtu, 17 September 2022 - 18:04 WIB

Wagub Sani Lepas Sambut Mahasiswa UGM dan Universitas Brawijaya Program BGRM

Selasa, 1 Desember 2020 - 14:51 WIB

Kawal Basis, Garda Muda Fikar-Yos Bergerak Door to Door di 13 Desa Tanah Kampung

Selasa, 10 November 2020 - 09:21 WIB

Sempat Diancam Tidak Boleh Blusukan, Kedatangan Fikar-Yos Malah Disambut Antusias Warga Koto Lebu

Berita Terbaru

Politik

Daftar di PKS,Sinyal Duet Fikar- Ferry Menguat

Rabu, 17 Apr 2024 - 23:06 WIB

Daerah

DPRD Sungaipenuh Gelar Jumpa Pers dan MoU

Sabtu, 6 Apr 2024 - 16:47 WIB