Merangin Peringati Hari Otonomi dan Pendidikan

Penulis : Redaksi
Selasa, 2 Mei 2023 - 11:14 WIB

Penulis : Redaksi

MERANGIN-Kabupaten Merangin memperingati hari Otonomi Daerah ke-27 dan hari Pendidikan Nasional 2023. Acara difokuskan pada upacara di halaman depan kantor lama bupati Merangin, Selasa (02/5).

Tampil sebagai Inspektur Upacara yang diikuti barisan dari TNI, Brimob, Polres Merangin, Satpol PP, PGRI, Korpri, pelajar SLTA, SLTP, SD, Pramuka dan para Polisi Cilik tersebut adalah Bupati Merangin H Mashuri.

Pada kesempatan itu, bupati membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dan membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim.

Dibacakan bupati, tujuan dilaksanakannya otonomi daerah dengan mendesentralisasikan sebagian kewenangan, sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiscal, dengan menggali berbagai potensi.

Penggalian berbagai sumber daya itu lanjut bupati, tentunya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan di Indonesia.

Pada sambutan yang dibacakan bupati, Menteri Dalam Negeri menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya.

Peningkatan itu diharapkan dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahterakan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka IPM, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik.

Selain itu, kepada daerah yang kemampuan PAD dan fiskalnya baik tetapi IPM-nya masih rendah, angka kemiskinan masih cukup tinggi dan akses infrastruktur belum baik, perlu kiranya melakukan evaluasi untuk memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran, efektif serta efisien.

‘’Saya juga menghimbau bagi daerah yang masih rendah PAD-nya, agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD, bahkan melebihi TKDD tanpa melanggar hukum dan norma yang ada serta tidak memberatkan rakyat,’’pinta Bupati.

Sedangkan pada pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia bupati mengatakan, selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi. Perubahan itu terjadi dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

‘’Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan,’’terang Bupati.

Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.(adv)

Berita Terkait

Wako AJB Lepas Pamit Ketua PN Dedi Kuswara, SH.MH
Antisipasi Kelangkaan Sembako,Pemkab Merangin Bentuk Satgas
Wako Ahmadi Sampaikan Usulan Program Pembangunan ke Bappenas RI dan Kemenko PMK
Bupati Adirozal Melakukan MoU Dengan Universitas Terbuka

Berita Terkait

Sabtu, 8 Januari 2022 - 19:17 WIB

Pimpin Upacara HUT ke-59 Bank Jambi, Wako Ahmadi Harap Bank Jambi Dukung UMKM dan CSR

Rabu, 19 Januari 2022 - 20:22 WIB

Dorong Perekonomian,Al Haris Minta Ruas Jalan Nasional di Provinsi Jambi Diperlebar

Minggu, 20 Februari 2022 - 10:00 WIB

Wako Ahmadi Hadiri Pelantikan DPD Nasdem Sungaipenuh

Kamis, 20 Januari 2022 - 22:06 WIB

Wawako Antos Lepas Tim Persikota U-13 dan U-15 Berlaga di Soeratin Cup

Berita Terbaru

Advetorial

Pj Bupati Asraf Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024

Kamis, 2 Mei 2024 - 12:44 WIB

Advetorial

Pj Bupati Asraf Halal Bi Halal dengan Forum Kades

Minggu, 28 Apr 2024 - 20:53 WIB