Bertabur Prestasi, Sungaipenuh Kota Cerdas 2021 Terwujud. Berikut Deretan Penghargaan yang Diraih AJB – Zulhelmi

Penulis : Redaksi
Rabu, 11 November 2020 - 06:22 WIB

Penulis : Redaksi

 

KORIDORNEWS.ID, SUNGAIPENUH – Pengakuan atas kinerja dan pencapaian yang berbungkus penghargaan, terus menghampiri Walikota H. Asafri Jaya Bakri (AJB) dari berbagai kementerian dan lembaga tingkat pusat.

Penghujung Tahun 2018 kemaren, sepertinya menjadi momen emas Kota Sungaipenuh di bawah kepemimpinan Walikota AJB. Pasalnya, Kota Sungaipenuh bertabur prestasi sehingga membuat Sungaipenuh Kota Cerdas 2021 sudah terwujud.

Sungaipenuh Diakui Sebagai Kota Cerdas di Indonesia

Masyarakat Kota Sungaipenuh patut berbangga. Betapa tidak, sebagai daerah pemekaran baru Bumi Sahalun Suhak Salatuh Bedil kini bisa mensejajarkan diri dengan daerah daerah maju lainnya di Nusantara.

Bersama sejumlah kota – kota besar dan populer di Indonesia, Kota Sungaipenuh dinobatkan sebagai pemenang IKCI (Indeks Kota Cerdas Indonesia) yang digelar koran terkemuka Harian Kompas.

Pencapaian besar ini, tidak terlepas dari kerja keras, komitmen dan kesungguhan Walikota H. Asafri Jaya Bakri (AJB) didukung jajaran pemkot Sungaipenuh dan warga masyarakat.

Kota Sungaipenuh tampil sebagai pemenang IKCI 2018, kategori kota kecil bersama Kota Padang Panjang dan Kota Solok.

 

Wako Terima penghargaan Kinerja & Pengelolaan APBD

Komitmen dan kesungguhan Walikota H. Asafri Jaya Bakri (AJB) dalam memperjuangkan kemajuan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di 8 (delapan) kecamatan dalam Kota Sungaipenuh berbuah pengakuan dan penghargaan. Rabu (28/11/2018) lalu Walikota dua periode itu menerima penghargaan Indeks Kelola (Kinerja dan Efektivitas pengelolaan APBD) di Jakarta.

Indeks kelola adalah metode penilaian didasarkan keberhasilan suatu daerah dalam mengelola APBD sehingga berdampak langsung pada masyarakat.

Dimana dalam hal ini Walikota H. Asafri Jaya Bakri (AJB) dinilai berhasil dan berprestasi dalam pembangunan bidang kesejahteraan masyarakat terbaik, menurunkan angka kemiskinan menjadi 2, 78 persen, disamping itu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat menjadi 73, 35 persen dan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) tumbuh 6,24 persen.

Wako AJB Raih Penghargaan Menteri Desa, PDT & Transmigrasi

Atas keberhasilan pembangunan Pedesaan, dimana Kota Sungaipenuh yang diwakili Desa Aur Duri Kecamatan Pondok Tinggi ditetapkan sebagai salah satu Desa Terbaik di 33 Provinsi di Indonesia berdasarkan pengukuran IDM (Indeks Desa Membangun). Pada Kamis (29/11/2018) lalu, Walikota AJB menerima penghargaan dari Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI.

Penghargaan Desa Terbaik diserahkan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI, Eko Putra Sandjojo, pada acara Simposium Desa Menjemput Asa dan Deklarasi Program Literasi Desa, program Desa Bebas Narkoba dan peluncuran majalah Wanua di Hotel Sultan Jakarta. Keberhasilan Kota Sungaipenuh yang diwakili Desa Aur Duri, mewakili Provinsi Jambi disambut penuh rasa syukur oleh Walikota AJB.

Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

Prestasi diberbagai bidang terus diukir Pemerintah Kota Sungaipenuh dibawah kepemimpinan Walikota H. Asafri Jaya Bakri (AJB). Dimana, Wako AJB diberikan penghargaan oleh pemerintah pusat atas prestasi dibidang Hak Azasi Manusia (HAM).

Dimana, Walikota dua periode tersebut menerima Penghargaan Kota Sungaipenuh sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia. Penghargaan diserahkan Menteri Hukum dan HAM RI , Yasonna H Laoli , pada acara Peringatan Hari Hak Asasi Manusia di Kementerian Hukum dan HAM RI di Jakarta, Selasa (11/12).

“Kita bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Azasi Manusia yang diberikan kepada kota Sungaipenuh, semoga penghargaan ini menjadi pemicu dan pemacu prestasi di bidang lainnya,” ujar Wako AJB.

Wako AJB Terima Sertifikat dari Ristekdikti

Wako dua periode itu menerima sertifikat dari Kemenristekdikti RI, atas prestasi Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota dengan kinerja utama dalam penguatan SIDA Tahun 2018, berdasarkan keputusan Direktur Jenderal kelembagaan Iptek dan Dikti No. 2671/C/KEP/ X/2018.

Penyerahan sertifikat dilakukan oleh Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti, Ir. Pardono Suwignjo. M. Eng., Sc. Ph. D, pada acara Apresiasi Lembaga penelitian dan pengembangan di ICE BSD Serpong, Kamis (13/12).

“Pencapaian ini kita harapkan dapat mendorong seluruh jajaran pemkot Sungaipenuh untuk melahirkan prestasi demi kemajuan kota Sungaipenuh yang kita cintai, ” ujar Wako AJB didampingi kepala Balitbangda, Edi Juarsa, usai menerima sertifikat.

Kesehatan Masyarakat Sungaipenuh Kini Terjamin

Pemerintah Kota Sungaipenuh melalui Dinas Kesehatan menandatangani MoU kerjasama dengan Badan Penyelengaraan Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Cabang Muara Bungo. Penandatanganan MoU dirangkaikan dengan Peluncuran Universal Health Coverace (UHC) Kepersertaan JKN – KIS Kota Sungaipenuh.

Mou kerjasama tersebut, ditandatangani oleh Kepala BPJS Cabang Bungo dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Sungaipenuh yang disaksikan langsung Walikota Sungaipenuh H. Asafri Jaya Bakri(AJB).

Wako AJB mengatakan penyelengaraan Mou kerjasama Pemkot dengan BPJS Kesehatan, merupakan perwujudan komitmen dari pemerintah kota Sungaipenuh dalam rangka memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat kota Sungaipenuh. Pada kesempatan tersebut, Wako dua periode itu juga menerima piagam penghargaan atas komitmennya untuk mewujudkan Universal Health Coverace yang diserahkan oleh Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumatra Bagian Tengah.

Walikota AJB Beri Pencerahan Inovasi Desa Bagi Kades Se Provinsi Jambi

Keberhasilan Walikota H.Asafri Jaya Bakri (AJB) membangun dan memajukan Desa – desa di Kota Sungaipenuh menuai apresiasi dan pengakuan. Dibawah kepemimpinan Wako AJB, pemkot Sungaipenuh mampu meraih pencapaian Indeks Desa Membangun (IDM) 10 besar Nasional atas nama desa Aur Duri, 4 Desa Mandiri dan 4 Desa Maju.

Pencapaian tersebut menarik perhatian dan minat berbagai stake holder terkait untuk menimba ilmu dan berbagi pengalaman. Tak pelak, Wako AJB pun acap didaulat untuk memberikan pencerahan dan menyampaikan paparan terkait strategi membangun desa.

Seperti pada Rapat koordinasi (Rakor) Program Pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi Jambi, di Jambi , Senin (17/12/2018) lalu. Wako AJB tampil sebagai Narasumber, memberikan motivasi dan pencerahan kepada para kepala desa se provinsi Jambi. (*/hms)

Berita Terkait

Hen Pardi: Tim Mok Rageu 8 Kecamatan All Out Menangkan Fikar – Yos
Keluarga Keturunan Depati Timah Daro Gedang Rawang Nyatakan Sikap Dukung Fikar-Yos
Program RPT Fikar-Yos Nyata untuk Warga, Tomas Koto Baru: Pilihlah yang Benar-benar Berbuat untuk Masyarakat Kita
Ipank & Kintani Ajak Keluarga Minang Sungaipenuh Pilih Fikar-Yos, Ipank: Keduanya Muda dan Santun

Berita Terkait

Minggu, 8 November 2020 - 02:59 WIB

Kunjungi Sekolah Incung, Beryll Dara Fikar Ajak Anak Muda Ikut Melestarikan Budaya

Rabu, 25 November 2020 - 13:26 WIB

Lindungi UMKM, Fikar – Yos Pastikan Tidak Izinkan Berdirinya Indomaret dan Alfamart di Sungaipenuh

Jumat, 6 November 2020 - 14:16 WIB

Jumat Berkah, Berryl Dara Rutin Sapa Masyarakat Sungaipenuh

Kamis, 16 Desember 2021 - 13:37 WIB

Itarlis dan Eva Haryadi Unggul di Pilkades Serentak Sungai Penuh

Berita Terbaru

Advetorial

Pj Bupati Asraf Halal Bi Halal dengan Forum Kades

Minggu, 28 Apr 2024 - 20:53 WIB

Advetorial

Merangin Peringatan Hari Otonomi Daerah 2024

Kamis, 25 Apr 2024 - 10:55 WIB