Pemkab Merangin Halal Bihalal Bersama Pemprov Jambi

Penulis : Redaksi
Kamis, 25 Mei 2023 - 10:59 WIB

Penulis : Redaksi

MERANGIN -Pemkab Merangin menggelar Halal Bihalal Hari Raya Idul Fitri 1444 H bersama Pemerintah Provinsi Jambi, di Auditorium rumah dinas bupati Merangin, Sabtu malam (20/5).

Hadir Wakil Gubernur Jambi H Abdullah Sani didampingi pejabat di jajaran Pemprov Jambi, Kadis DKUMPP Sardaini, Kepala Bappeda Agus Sunaryo, Kadis Pertanian Rumusdar, Kadis Ketahanan Pangan Asraf dan Kasat Pol PP Rahmat Hidayat.

Tampak hadir mendampingi Bupati Merangin H Mashuri dan Ketua TP PKK Merangin Hj Nurhaida Mashuri, Sekda Fajarman beserta istri, unsur Forkopimda Merangin, Ketua Dewan Masjid H Arfandi Ibnu Hajar, para kepala OPD Merangin.

Selain itu juga hadir, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Merangin Dr H Joni Musa, para tokoha adat, alim ulama, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, para pimpinan pondok pesantren dan undangan penting lainnya.

Dikatakan bupati pada sambutannya, pasca Covid-19 dimana kabupaten/kota di Provinsi Jambi perekonomiannya sempat guncang, namun Kabupaten Merangin pertumbuhan ekonominya masih cukup baik.

Tapi pada 2023 ini, kondisi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Merangin dalam kondisi yang tidak baik-baik saja, karena harus membayar hutang pada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) yang jatuh temponya pada Kamis (25/5).

‘’Ini merupakan pembayaran hutang terakhir kepada PT SMI, mudah-mudahan bisa teratasi, karena kami terpaksa melakukan refocusing anggaran dan Pak Sekda tidak bisa tidur memikirkan itu, anggaran apa yang harus dikurangi dan dinolkan,’’ujar Bupati.

Untuk itu bupati minta bantuan sepenuhnya kepada Pemprov Jambi melalui Wagub Jambi H Abdullah Sani, atas permasalahan tersebut, sehingga Pemkab Merangin bisa terlepas dari hutang terakhir itu.

Namun demikian sembari melempar senyum, bupati mengatakan Kabupaten Merangin masih tetap bisa membangun, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yang jumlahnya mencapai Rp 70 miliar.

Sedangkan untuk program Impres jalan dari Presiden Jokowi, Kabupaten Merangin bersama Kabupaten Batanghari sudah diberi sinyal dari kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Provinsi Jambi beberapa hari lalu.

Pada kesempatan itu, bupati juga melaporkan kepada Wagub Jambi, pada September 2023 nanti, Kabupaten Merangin akan menerima Sertifikat Geopark Merangin dari UNESCO di Maroko atau di Perancis.

Usai menerima Sertifikat UNESCO Global Geopark (UGG), Pemkab Merangin diminta untuk melakukan paparan, program-program dan peluang-peluang invstasi di hadapan para pengusaha dari sejumlah negara di Asia dan Eropa.

‘’Tempo hari sudah ada investor dari Amerika yang berkantor di Singapura menghubungi kami. Mereka mengaku sudah mempunyai peta wisata, tambang dan sebagainya di Bumi Merangin ini,’’terang Bupati.

Investor dari Amerika itu lanjut bupati, sudah siap berinvestasi satu miliar dolar di Kabupaten Merangin, termasuk membatu pembuatan Bandara Perintis. Namun masih ada keraguan Pemkab Merangin, karena 40 persen tenaga kerjanya dikuasai mereka.

‘’Kami masih merasa keberatan atas persyaratan itu. Sudah banyak Sumber Daya Alam (SDA) Merangin yang dipetakan para pengusaha dari luar negeri. Jangan-jangan di Bumi Merangin juga ada Uraniumnya,’’jelas Bupati.

Selain itu bupati mengatakan, pada 23 Septembar 2023, berakhir sudah masa jabatannya sebagai bupati Merangin. Diakui H Mashuri, masih banyak sekali kekurangan kekurangan yang terjadi, untuk itu mohon dimaafkan.

Terpisah Wagub Jambi H Abdullah Sani mengatakan, alangkah indahnya dan  alangkan mantapnya, kalau kelebihan dan kekurangan yang sama-sama dimiliki itu untuk saling menutupi satu sama lainnya.

‘’Kalau perbedaan latar belakang, pengalaman dan pendidikan itu, kita balut dan kita ramu serta kita satukan untuk membangun umat, membangun masyarakat secara bersama-sama, ya di Kabupaten Merangin ya di Provinsi Jambi,’’ujar Wagub.

Untuk mewaujudkan itu tegas H Abdullah Sani, tidak terlalu sulit. Semua bisa bersatu padu, apapun profesi dan latar belakangnya. Tidak akan mampu kita melakukan sendiri. Kebutuhan demi kesejahteraan umat dan masyarkat itu sangat banyak komplit.(adv)

Berita Terkait

Gubernur Al-Haris Resmikan Laboratorium Pantologi RSUD Raden Mataher
Pemkab Kerinci Kembali Raih WTP 8 Kali Berturut Turut
Bupati Adirozal Lauching dan Tandatangan Kerjasama dengan Dua Perguruan Tinggi
Jelang Idul Adha,Al Haris Minta Tim Gugus Tugas Cepat Tangani PMK

Berita Terkait

Kamis, 28 Juli 2022 - 15:13 WIB

H Mashuri Beri Pembekalan Kades dari Dapil IV

Rabu, 9 Februari 2022 - 20:24 WIB

Pemkot Sungai Penuh Peringkat 1 Kepatuhan Pelayanan Publik

Minggu, 11 September 2022 - 20:37 WIB

Gubernur Al Haris Pantau Operasi Pasar di Angso Duo

Selasa, 23 Januari 2024 - 16:33 WIB

Pj Bupati Asraf Dampingi Mantan Wapres RI Jusuf Kalla Tinjau Korban Banjir di Tanco

Berita Terbaru

Advetorial

Pj Bupati Asraf Halal Bi Halal dengan Forum Kades

Minggu, 28 Apr 2024 - 20:53 WIB

Advetorial

Merangin Peringatan Hari Otonomi Daerah 2024

Kamis, 25 Apr 2024 - 10:55 WIB