Jokowi : Whoosh Bukan Cari Untung, Purbaya Bongkar Misi Sebenarnya

Penulis : Redaksi
Kamis, 30 Oktober 2025 - 04:00 WIB

Foto: Menteri Keuangan RI, Purbaya Yudhi Sadewa saat menyampaikan paparan dalam acara Sarasehan 100 Ekonom di Menara Bank Mega, Jakarta, Selasa 28 Oktober 2025  (Dok CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

Foto: Menteri Keuangan RI, Purbaya Yudhi Sadewa saat menyampaikan paparan dalam acara Sarasehan 100 Ekonom di Menara Bank Mega, Jakarta, Selasa 28 Oktober 2025 (Dok CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

Penulis : Redaksi

JAKARTAPresiden Joko Widodo menegaskan bahwa proyek Kereta Cepat Jakarta–Bandung atau Whoosh bukan dibangun untuk mencari laba semata. Menurutnya, pembangunan transportasi massal ini menjadi langkah strategis untuk mengatasi kemacetan parah di Jabodetabek dan Bandung yang telah menimbulkan kerugian ekonomi hingga Rp100 triliun per tahun.

Sementara itu, Menteri Keuangan Purbaya Yudhi Sadewa mendukung pandangan Jokowi. Dalam Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Menara Bank Mega, Jakarta, Selasa (28/10/2025), Purbaya menjelaskan bahwa Whoosh membawa misi besar dalam pembangunan regional. “Whoosh tidak hanya menghubungkan kota, tetapi juga membuka peluang ekonomi baru di sepanjang jalur kereta,” ujarnya.

Lebih lanjut, Purbaya menegaskan pentingnya pengembangan kawasan di sekitar stasiun Whoosh agar potensi ekonomi tumbuh. “Jika masyarakat di sekitar jalur ikut bergerak, dampaknya akan langsung terasa pada pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Di sisi lain, Jokowi menekankan bahwa transportasi publik harus dilihat dari nilai sosialnya, bukan dari sisi keuntungan finansial. Ia menilai proyek seperti Whoosh, MRT, dan LRT berperan penting dalam mengurangi polusi, mempercepat mobilitas, serta meningkatkan produktivitas masyarakat.

“Transportasi massal itu layanan publik. Keuntungannya bukan laba perusahaan, tetapi manfaat sosial seperti pengurangan emisi karbon dan peningkatan kualitas hidup,” tegas Jokowi.

Selain itu, Jokowi menambahkan bahwa subsidi untuk transportasi publik adalah investasi jangka panjang, bukan kerugian negara. Ia mencontohkan subsidi MRT Jakarta yang mencapai Rp800 miliar per tahun dan akan meningkat seiring perluasan jalur. “Namun dampak sosial dan efisiensi ekonominya jauh lebih besar,” jelasnya.

Kini, jumlah penumpang Whoosh telah menembus 12 juta sejak beroperasi, dengan rata-rata 19.000 penumpang setiap hari. Jokowi optimistis tren ini terus meningkat karena masyarakat mulai beralih ke transportasi massal yang lebih cepat dan ramah lingkungan.

Dengan begitu, Whoosh tidak hanya menjadi simbol modernisasi transportasi Indonesia, tetapi juga wujud nyata komitmen pemerintah dalam membangun negeri yang lebih efisien dan berkelanjutan.(tim)

Berita Terkait

Raja Keraton Solo Pakubuwana XIII Meninggal Dunia, Begini Perjalanan Hidupnya
Kerusuhan Yalimo Papua Dipicu Ucapan Rasis, Puluhan Bangunan Terbakar
PPPK dan CPNS Lulus 2024 Bisa Pantau Penetapan NIP di Link Ini
Prabowo Bertemu Trump Tegaskan Komitmen Akhiri Perang Gaza

Berita Terkait

Minggu, 12 Oktober 2025 - 11:59 WIB

Purbaya Yakinkan Publik, Utang Negara Masih Terkendali dan dalam Batas Aman

Senin, 20 Oktober 2025 - 04:00 WIB

Air Hujan Jakarta Tercemar Mikroplastik, BRIN Peringatkan Bahaya bagi Kesehatan

Selasa, 8 April 2025 - 11:09 WIB

Jadwal Cetak Kartu PPPK 2024 Tahap 2 Telah Dibuka, Peserta Diminta Segera Unduh dan Cermati Lokasi Ujian

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 12:52 WIB

Tata Layanan Publik Berbasis Digital di 76 Tahun Kemenkumham

Berita Terbaru